Gempa Susulan Kembali Terasa di Jember, BMKG Mencatat Total Sudah 14 Kali

by -361 Views
Grafik guncangan gempa di Jember.

JEMBER, Wartagres.Com – Gempa bermagnitudo 5 ke atas dan terasa di wilayah Kabupaten Jember terjadi 3 kali. Guncangan gempa itu, pusatnya berada di titik lokasi yang hampir berdekatan.

Dari data yang dihimpun BPBD Jember, guncangan gempa pertama yang terasa di Jember.

Berada di 9,64 Lintang Selatan; 112,91 Bujur Timur. Tepatnya berjarak 171 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berada pada kedalaman 10 km, dengan bermagnitudo 5,4 SR.

Gempa kedua titik lokasi di 9,57 Lintang Selatan; 112,93 Bujur Timur. Tepatnya 163 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan berada pada kedalaman sama 10 km. Dengan bermagnitudo 5,0 SR.

“Kemudian yang ketiga di titik lokasi hampir sama. 9,61 Lintang Selatan; 112,91 Bujur Timur. Tepatnya 167 km Barat Daya Kabupaten Lumajang, pada kedalaman 10 km. Kekuatannya 5,3 SR. Data itu kami terima dari informasi BMKG Juanda,” kata Petugas Pusdalops BPBD Jember Holik saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (9/7/2022).

“Tapi jika ditotal dengan gempa susulan. Sebenarnya sudah 14 kali guncangan gempa. Yang terasa 3 kali ini,” sambungnya.

Terkait gempa yang terasa sampai di Jember, lanjut Holik, saat ini belum ada laporan kerusakan akibat dampak guncangan.

“Kami masih memantau ke seluruh wilayah Jember. Sampai saat ini belum ada laporan. Tapi update informasi terus kami lakukan. Untuk wilayah yang paling terasa adalah di pesisir wilayah selatan Jember,” ujarnya.

Namun demikian, kata Holik, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.

“Jika ada dampak gempa, kami himbau untuk segera malaporkan ke perangkat desa atau polsek setempat. Jangan mudah percaya dengan informasi tidak benar, kami akan sampaikan informasi update soal gempa ini,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.