Hari Pertama Kontes Ternak Bojonegoro, Ratusan Peternak Pamerkan Sapi Terbaik

by -498 Views
Ratusan Peternak Pamerkan Sapi Terbaik.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Kontes dan Pameran Ternak yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) di Pasar Hewan Desa Kedungbondo Kecamatan Balen berlangsung cukup ramai. Hari pertama kegiatan, Selasa (21/11/2023), sebanyak 140 ekor sapi milik peternak dari 28 kecamatan se-Bojonegoro diikutkan dalam kontes.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Disnakkan Bojonegoro, drh. Luthfi Nurrahman, menuturkan kegiatan ini akan berlangsung hingga Rabu (22/11/2023) besok.

“Kegiatanya dilaksanakan dua hari, hari ini kedatangan 140 ternak dari 28 Kecamatan dan dilakukan penilaian dan penjurian ternak. Kemudian nanti malam dilanjutkan dengan hiburan campur sari oleh kelompok kesenian Kangen Budoyo dari Kecamatan Kedungadem,” ungkapnya saat ditemui di lokasi pameran.

Lebih lanjut, drh. Luthfi menjelaskan, ternak yang masuk di area kontes langsung dilakukan penimbangan untuk menentukan kriteria kategori. Sedangkan untuk penilaian kontes dilakukan oleh tim juri dari Provinsi Jawa Timur. Untuk pengumuman pemenang akan dilakukan Rabu besok.

“Dalam kontes ini ada lima kategori yakni pejantan cross, jantan peranakan ongole (PO), induk peranakan ongole (PO), bakalan jantan cross dan calon induk peranakan ongole (PO),” jelasnya.

Selain kontes, Disnakkan juga menghadirkan sapi pameran jenis sapi unggulan belgian blue, wagyu, sapi transfer embrio. Juga dihadirkan produk olahan hasil peternakan dan produk olahan hasil perikanan.

Luthfi mengimbuhkan, kontes dan pameran ini bertujuan meningkatkan kemampuan peternak untuk mengembangkan usaha ternak dengan teknologi modern peternakan dan memperhatikan kesehatan hewan. Juga meningkatkan populasi dan peoduktifitas sektor peternakan, serta mengapresiasi perjuangan peternak sebagai pangan sumber protein asal hewani.

“Juga merangsang tumbuhnya hilirisasi mandiri melalui innovasi pemasaran dan olahan produk hasil peternakan dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.