ITS Berikan Pelatihan Pengelolaan Air Limbah Domestik untuk Kader Lingkungan Kota Surabaya

by -628 Views
Peserta kegiatan pelatihan pengelolaan air limbah domestik kader lingkungan di kota Surabaya pada hari ke dua 8 November 2023.

SURABAYA, Wartagres.Com – Tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) dari Laboratorium Teknologi Pengolahan Air, Departemen Teknik Lingkungan, ITS bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya untuk memberikan pelatihan kepada para Kader Lingkungan Kota Surabaya, Selasa – Rabu, (7 – 8 November 2023).

Target kegiatan kali ini adalah 80 orang kader lingkungan dari perwakilan kecamatan yang ada di Surabaya yang dibagi menjadi 40 orang perhari di Ruang Sidang Lt.2 Departemen Teknik Lingkungan ITS.

Prof. Dr. Ir. Ali Masduqi, ST. MT saat memberikan materi mengenai pengelolaan air limbah pemukiman.

Kegiatan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Surabaya melalui akses yang lebih baik terhadap sanitasi yang aman dan layak, menurunkan risiko penyakit yang terkait dengan pengelolaan air limbah yang tidak memadai, meningkatkan citra dan reputasi Surabaya sebagai kota yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat, dan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi kota-kota lain dalam pengelolaan air limbah domestik yang efektif dan berkelanjutan.

Pelatihan diisi dengan 4 pakar pada hari pertama yaitu Prof. Ir. Eddy S. Soedjono, MSc, PhD, Dr. Ir. Agus Slamet, MSc, Ir. Bowo Djoko Marsono, M.Eng. dan Alfan Purnomo, ST, MT.

Sedangkan untuk hari kedua yaitu Prof. Dr. Ali Masduqi, ST, MT, Ervin Nurhayati, ST, MT, PhD, Adhi Yuniarto, ST, MT, PhD, dan Bara Awanda Marhendra ST, MScETH.

Materi yang diberikan membahas mengenai pentingnya pengolahan air limbah, pemanfaatan hasil pengolahan air limbah, sistem pengolahan air limbah secara komunal, dan pentingnya pengurasan tangki septik.

No More Posts Available.

No more pages to load.