Tinjau Langsung Pembukaan Pasar Kapasan, Jhon Thamrun Minta kedepan Pemkot Lebih Cermat Ambil Keputusan

by -30 Views

Surabaya, Wartagres.com – Anggota Komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun memantu langsung pembukaan kembali Pasar Kapasan setelah ditutup 14 hari oleh pihak pengelols (PD Pasar Surya) lantaran adanya dugaan penyebaran Covid-19, Sabtu (18/4).

Penutupan sempat menuai polemik lantran hasil swab orang yang diduga terkena corona belum keluar meski akhirnya PD Pasar bersikukuh menutup pasar tersebut.

Menurut John Thamrun yang merupakan politisi PDIP tersebut, insiden penutupan Pasar Kapasan diharapkan bisa menjadi pembelajaran dalam penanganan COVID 19 di area pasar sesuai protokol kesehatan. Menurutnya, perlu perhitungan yang teliti dan terukur sebelum Pemkot Surabaya mengambil keputusan.

“Satu hal yang perlu disadari oleh masyarakat bahwa Pasar Kapasan sekarang dibuka, tempo hari sempat ditutup ini merupakan salah satu pembelajaran,” ungkap John Tamrun.

Dari peristiwa ini, masyarakat juga diminta menyadari pentingnya mencegah penyebaran virus covid 19 di area sekitarnya. Agar tidak terulang kejadian penutupan pasar yang berimbas pada tidak berputarnya roda perekonomian di area pasar.

“Saya bersyukur pemerintah kota surabaya respon kepada pedagang Pasar Kapasan dan masyarakat untuk membuka,” ungkap pria yang akrab disapa JT ini.

JT juga mengatakan, dengan tidak terjaganya social distancing dan tidak dilaksanakanya SOP dalam Physical Distancing, maka yang terjadi adalah masyarakat berpotensi akan terjangkit virus Covid-19.

“Kejadian di Pasar Kapasan ini merupakan salah satu pembelajaran bagi masyarakat luas, baik itu pedagang maupun masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Untuk itu, John Thamrun mengimbau, agar selalu memakai masker, menjaga jarak, sering cuci tangan agar tidak terjangkit virus tersebut, kalau sampai terjangkit maka efeknya akan mengganggu sistem perekonomian, contoh yang sudah terjadi di Pasar Kapasan.

“Tapi kita patut bersyukur, bahwa di Pasar Kapasan sampai hari ini tidak terjadi penyebaran Covid-19,” katanya.

Kedepannya, kata John Thamrun, bukan berarti dipastikan dijamin aman, tetapi semua tergantung dari masyarakat baik itu pembeli maupun pedagang masuk ke Pasar Kapasan harus tetap menjaga tinggi disiplin SOP Physical Distancing yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memberikan respon yang baik kepada pemerintah kota surabaya untuk bekerja sama menjaga SOP Physical Distancing dengan baik.

“Kesadaran dari masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga diri masing-masing dan saling mengingatkan kepada orang lain supaya menjaga jarak dan memakai masker,” pungkasnya. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.