Sigit Sosiantomo: Butuh Strategi Radikal, Entaskan Desa Miskin, Pak Menteri!

by -218 Views
Anggota komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo.

JAKARTA, Wartagres.Com – Anggota komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menegaskan dibutuhkan strategi yang radikal untuk bisa menang melawan kemiskinan dan ketertinggalan. Hal itu diungkapkan Sigit dalam Raker Komisi V DPR Kementerian Desa, PDT Dan Transmigrasi (Kemendesa), Kamis (3/6/2021).

“Sangat prihatin sudah 75 tahun lebih Indonesia merdeka masih ada 13 ribu lebih desa tertinggal yang tersebar di 100 kabupaten tertinggal dan sangat tertinggal. Padahal, anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan desa selama 6 tahun terakhir mencapai Rp323 Triliun lebih”, lanjut Sigit.

Menurut Sigit, selain penambahan anggaran, Kemendesa juga harus mengevaluasi efektifitas program-program pengentasan daerah tertinggal yang selama ini sudah dilakukan. Hampir Rp323 Triliun dana desa yang dikucurkan masih banyak desa tertinggal. Belum lagi program-program lain seperti BUMDes.

“Efektifkah penggunaan dana ini? Ini yang harus dievaluasi Kemendesa. Kita berharap saat usia bangsa Indonesia 80 tahun tidak ada lagi cerita kabupaten dan desa tertinggal, ” ujarnya.

Dalam renstra Kemendesa tahun 2020-2024, ditargetkan pengurangan 10 ribu desa tertinggal menjadi desa berkembang, terwujudnya desa berkembang menjadi desa mandiri sebanyak 5.000 desa, terwujudnya revitalisasi kawasan perdesaan sebanyak 60 kawasan perdesaan, terwujudnya revitalisasi kawasan transmigrasi sebanyak 63 kawasan transmigrasi dan terentaskannya daerah tertinggal sebanyak 25 kabupaten tertinggal.

Seperti diketahui, berdasarkan data Kemendes tahun 2020, dari 434 kabupaten yang ada masih terdapat 79 kabupaten tertinggal dan 21 kabupaten sangat tertinggal. Sementara kabupaten yang sudah mandiri hanya 6 kabupaten dan kabupaten maju hanya 55 kabupaten. Sedangkan sisanya termasuk kategori kabupaten berkembang. Sementara BPS mencatat masih terdapat 13.232 desa tertinggal hingga tahun 2018. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.