Antisipasi PMK DKPP Surabaya Beri Vitamin Pada Hewan Kurban Kambing dan Sapi

by -513 Views

SURABAYA, Wartagres.Com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Senin (27/6/2022) siang, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) sapi maupun kambing jelang Idul Adha.

Pemeriksaan hewan ini dilakukan di kawasan Jalan Kesatria, Karang Pilang, Surabaya. Selain melakukan pemeriksaan, petugas DKPP juga memberikan suntikan vitamin kepada hewan kurban untuk menambah stamina.

“Kondisinya sehat yang diberikan vitamin menambah daya tahan tubuh sudah rata rata ada yang 2 tahun 3 tahun ya sehat tadi dilakukan pemeriksaan fisik tidak ada luka di mulut dan berbusa itu khas air liur gejala pmk ndak ada,” kata Dera Romadhoni Arif, Dokter Hewan DKPP Kota Surabaya, Senin (27/6/2022) siang.

“Satu persatu hewan kurban diperiksa mulai dari pemeriksaan mulut untuk memastikan tidak ada luka dan busa pada mulut sapi seperti gejala PMK,” lanjut dia.

Selain kondisi mulut petugas juga memastikan hewan kurban yang dijual memenuhi syarat usia hewan kurban dengan pemeriksaan gigi dan sudah tanggal.

“Petugas DKPP surabaya akan terus melakukan pengecekan kesehatan terhadap seluruh ternak yang dijual oleh pedagang,” tutup dia.

Sementara itu, berdasarkan data tanggal 23 Juni 2022 kemarin, ada sebanyak 152 pedagang hewan kurban yang akan berjualan di surabaya jelang idul adha. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.