Momentum Sumpah Pemuda Semangat Pilih Cawapres Muda

by -606 Views
Trio Marpaung Ketua Relawan Persatuan Nasional ( RPN) Jatim.

SURABAYA, Wartagress. Com– Tepat pada hari Sabtu, (28/10/23) adalah hari Nasional Indonesia, Hari Sumpah Pemuda. Hari yang dimana kita mengingat kembali perjuangan para pemuda yang tergabung dalam PPPI (Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia). Mereka memperjuangkan hak para pelajar dan generasi muda, memberikan makna besar akan kesatuan, pendidikan serta jiwa nasionalisme.

Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023, Trio Marpaung, Ketua RPN Jatim, mengatakan bahwa hari ini menjadi semangat bagi bangsa Indonesia dalam menyambut Pemilu 14 Februari 2024. “Kita sambut hari Nasional Sumpah Pemuda dengan semangat kepemudaan, hadapi tahun Pemilu dengan lebih semangat lagi. Dan pilih cawapres muda,” ujarnya.

Trio Marpaung menjelaskan, Hari Sumpah Pemuda memiliki sejarah yang bermakna. Intinya, hari itu bertujuan untuk mengetahui peran para pemuda dari masa ke masa. Peran yang dimaksud disini adalah bagaimana mereka berperan penting bagi negara Indonesia, bagi tanah air mereka.

Berhubungan dengan NKRI, tidak lepas dengan jiwa nasionalisme. Trio korban penculikan Orde Baru ini menuturkan, Nasionalisme memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan para pemuda dalam mewujudkan kepentingan negara dengan mempertahankan identitas nasional.

Jiwa nasionalisme sangatlah penting untuk memperjuangkan tanah air. Namun tidak lengkap kalau para penerus bangsa tersebut tidak memiliki integritas didalamnya.

Integritas Pemuda, bertujuan untuk mengukur kemampuan para generasi muda, menjunjung tinggi kejujuran tiap pribadinya, ketangguhan, komitmen, serta konsistensi sebagai sikap untuk mencapai tujuan nasional.

“Integritas sangat penting dalam membangun jiwa-jiwa nasionalisme yang hebat,” ujar Trio Marpaung.

Selain itu juga ada Pilar Negara. Hal tersebut sebagai landasan setiap warga negara dengan tujuan untuk membentuk karakter positif dengan pemahaman dan pengamalan pada nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Yang terakhir adalah Persatuan Nasional. Ini adalah sikap akan persatuan seluruh warga negara Indonesia dalam menjaga kesatuan dan kesatuan, bertujuan untuk mengukur peran aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan keutuhan NKRI.

“Kita harus bersatu. Dengan begitu, kita dapat menghadapi Pemilu ke depannya. kita harus dapat memilih pemimpin yg bisa mewujudkan ini, yaitu prabowo,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.