Jurnalis DPRD dan Pemkot Surabaya Desak Ketua Komunitas RAR Minta Maaf Secara Terbuka

by -626 Views
Bukti : hasil screnshot yang diambil dari group RAR.

SURABAYA, Wartagres.Com – Wartawan pokja DPRD dan Pemkot kota Surabaya, mendesak ketua komunitas group Whats App (WA) “Rek Ayo Rek” (RAR), Herman Rivai meminta maaf secara terbuka atas komentarnya yang di anggap menyudutkan profesi jurnalis atau wartawan.

Ini pesanya,
1. “Wartawan yang ngepos di dewan mau pun di pemkot kehilangan rasa Jurnalisnya”
2. “Ngak kritis cenderung pendiam tidak ada greget sama sekali”
3. “Contoh Asrul waktu pemilihan Bambang DH memihak Bambang DH, jaman bu Risma memihak bu Risma, media sudah kehilangan rasa jurnalisnya, hanya memihak periklanan”.

Salah satu wartawan yang sehari – harinya menulis berita di lingkungan DPRD dan Pemkot, S. Wanto mengatakan, menurutnya komentar yang dilontarkan di publik oleh Herman Rivai di group WA itu adalah ujaran kebencian dan pelecehan terhadap profesi jurnalis.

“Itu adalah salah satu bentuk ujaran kebencian dan pelecehan profesi jurnalis khusunya teman-teman yang ngepos di DPRD dan pemkot Surabaya,” ucapnya dengan nada keras, Rabu (29/7).

Karena itu, dirinya menuntut Herman Rivai harus meminta maaf 1 x 24 jam terhitung mulai hari ini secara terbuka di media massa.

“Dia juga harus menjelaskan maksudnya apa ngmong seperti itu. Jika tidak dilakukan kami meminta pihak kepolisian mengusut sampai tuntas persoalan ini, karena ini sudah masuk ranah UU ITE,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan DPRD kota Surabaya, Maulana, mendukung sikap teman – teman wartawan pokja DPRD agar Herman Rivai melakukan permintaan maaf secara terbuka.

Menurut Pria yang akrab disapa Inyong itu mengatakan, sepengatuhuan dirinya Herman Rivai juga berprofesi wartawan yang cukup senior kala itu. Beliau juga mantan Anggota DPRD Surabaya. Sehingga pasti mengetahui persis kerja-kerja wartawan di lapangan.

“Maka statemen yang menyudutkan wartawan secara profesi sangat tidak elok menurut saya, ini harus dikoreksi, terutama terkait pernyataanya yang menyudutkan profesi kita di ruang publik, ingat grup WA itu sudah menjadi ruang publik lho,” katanya.

Untuk itu, akan lebih elok apabila yang bersangkutan melakukan klarifikasi terbuka di grup yang sama mengenai maksud pernyataanya.

“Soal permintaan maaf, kita ini manusia harus saling memaafkan. Namun sebelum pernyataan yang menyudutkan kami dijelaskan dulu, kan ndak bagus jadinya,” ujarnya.

Dia menambahkan, hasil diskusi wartawan Pokja DPRD dan Pemkot Surabaya harus direspon yang bersangkutan sebelum gerakan terhadap upaya pembunuhan karakter profesi jurnalis ini melebar kemana-kemana.

Sementara itu, Herman Rivai ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan permintaan maaf di Group RAR.

“Kalau ungkapan saya kurang berkenan, saya minta maaf ya teman-teman,” pungkas Herman Rivai melalui pesan singkat di WhatsApp selulernya. (Tur)

No More Posts Available.

No more pages to load.