wartagres.com
Headline Pendidikan Politik

3 Kampus Surabaya Raih Lomba Debat Nasional DPD PSI

Pemenang debat.

SURABAYA, Wartagres.Com – Pada tanggal 4-5 Desember 2021, 42 orang mahasiswa dari 14 tim berkompetisi dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia DPD PSI Kota Surabaya yang mengangkat tema Energi Kolaborasi Generasi Muda untuk Surabaya.

Selama dua hari, 14 tim yang tersebar dari perguruan tinggi ternama di Surabaya, Jakarta, Bogor, Malang, Yogyakarta, dan Jember berdebat mencari solusi atas permasalahan sosial-politik-lingkungan di Kota Surabaya maupun Indonesia.

“Banyak ide dan gagasan dari para mahasiswa yang sangat baik dan perlu diberikan perhatian oleh partai politik dan pengambil kebijakan. Mulai dari isu optimalisasi ekonomi lokal, krisis iklim, anti-korupsi, pemilihan umum, perempuan, hingga pendidikan tinggi”, ujar Gishen Zhangles, pengurus DPD PSI Kota Surabaya.

Bagi PSI Kota Surabaya, lomba debat bahasa Indonesia adalah wujud pendidikan politik yang paling relevan dan konstruktif bagi generasi muda. Turut hadir empat orang anggota legislatif dari DPRD Fraksi PSI Kota Surabaya untuk memberikan talkshow dan menjadi juri tamu dalam lomba debat.

Juara 1 Lomba debat bahasa Indonesia DPD PSI Surabaya dimenangkan oleh Universitas Airlangga (Fasya Aurellia Salsabila, Ahmad Ghifari, Prashanti Lakshita), Juara 2 diperoleh Universitas Surabaya (Fritz Ajiedragono, Jesselyn Kezia , Stephany Gunawan) , dan Juara 3 diperoleh Universitas Negeri Surabaya (Agung Putra, Steganny Florencia, Shania Sukma). Pembicara terbaik diperoleh Universitas Surabaya atas nama Fritz Ajiedragono.

“Perasaan kami tentu senang banget mengikuti lomba ini apalagi offline, bisa ngobrol dengan teman dari berbagai daerah dan mosi yang dibawakan pada saat lomba juga sangat menantang, serta isu yang diperdebatkan itu benar-benar isu yang real terjadi di depan mata,” Ungkap Ghifari Mahasiswa Universitas Airlangga

Para juara lomba debat juga diundang untuk makan malam bersama Anggota legislatif dari DPRD Fraksi PSI Kota Surabaya untuk berdialog dan serap aspirasi. PSI Kota Surabaya berkomitmen untuk terus melakukan pendidikan politik bagi generasi muda di Surabaya. (Tur)

Related posts

Webinar UKM Go Digital: PSI Surabaya Minta Tahun Depan UKM Beradaptasi Ke Digital

redaksiKG01

PSI Surabaya Desak DPR Sahkan RUU TPKS

redaksiKG01

PSI Siap Bantu Pemkot Surabaya atasi Banjir

redaksiKG01