Paska Gempa di Bojonegoro, BPBD Imbau Warga Selalu Waspada dan Tetap Tenang

by -456 Views
Grafik gempa Bojonegoro.

BOJONEGORO, Wartagres.Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD) Kabupaten Bojonegoro melakukan koordinasi dan pemantauan paska gempa tektonik dengan magnitudo M4,0 yang mengguncang Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin, (12/6/2023). BPBD mengimbau warga untuk selalu waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto, mengatakan, berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa bumi yang terjadi pukul 08.04.23 WIB ini terjadi di darat dengan jarak 6 km di Barat Laut Bojonegoro-Jatim.

“Titik pusat gempa berada di wiliayah Kecamatan Trucuk dengan titik koordinat 7,11°LS ; 111,85°BT pada jarak 6 km barat laut Bojonegoro-Jatim pada kedalaman 7 km,” jelasnya.

Lebih lanjut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi yang terjadi adalah aktivitas sesar lokal. Dilihat dari skala MMI menunjukan skala intensitas II-III MMI (hanya merasakan getaran).

“Getaran ini dirasakan di lima wilayah Kab Bojonegoro yakni Kecamatan Kalitidu, Sumberrejo, Trucuk, Malo dan Bojonegoro,”ungkapnya.

Ardhian mengimbau Kepada masyarakat agar menghindarkan diri dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Juga memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

“Selain itu masyarakat diharap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi atau dari BPBD Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.