Ini Sosok Caleg Pendatang Baru DPR RI yang Kuasai Jatim I Versi Indopol Survei

by -644 Views
Istimewa.

SURABAYA, Wartagres.Com – Hasil survei terbaru dari IndoPol Surveys memperlihatkan dinamika menarik dalam persaingan Pemilihan Umum 2024 di Daerah Pemilihan Jawa Timur I (Dapil Jatim I). Tidak kurang dari 10 calon anggota legislatif (Caleg) diprediksi meraih kursi di DPR RI.

Apa yang membuat perhatian terkait hasil survei ini adalah fakta bahwa caleg pendatang baru mampu memimpin dalam elektabilitas dibandingkan dengan incumbent. Dari total 10 kursi DPR RI yang diperebutkan di Jatim I, meliputi Surabaya dan Sidoarjo, para pendatang baru berhasil mencuri perhatian.

Nama-nama seperti Bambang DH dan Puti Guntur Soekarno dari PDIP, Bambang Budi Suwarso AK, MBT.CA dari Golkar, Arzeti Bilbina, dan Syaikhul Islam dari PKB, Sigit Soesiantomo dari PKS, Bambang Haryo dari Gerindra, dan Lucy Kurniasari dari Demokrat, semuanya berpotensi mengisi posisi di DPR RI.

Menariknya, IndoPol Surveys mencatat bahwa PDIP dan PKB sama-sama memperoleh 2 kursi, sedangkan Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PKS, dan PAN masing-masing meraih 1 kursi. Caleg Golkar, Bambang Budi Suwarso AK, MBT.CA, menjadi sorotan dengan elektabilitas unggul dibandingkan incumbent sebelumnya.

Dr. Yusuf Permana, Peneliti Utama IndoPol Surveys, menyatakan, hasil ini mencerminkan perolehan suara partai politik yang berhasil memperoleh tiket ke Senayan dari Dapil Jatim I.

“Persaingan sengit menuju Pemilihan Umum 2024. Sebanyak 10 nama berpotensi duduk di kursi DPR RI,” katanya.

Dari hasil penelitian di Dapil Jatim I, untuk pemilihan calon legislatif DPR RI, elektabilitas tertinggi masih dikuasai oleh PDIP (23,9%), diikuti oleh PKB (17,8%), Gerindra (13,3%), dan
Golkar (13,1%). Kemudian, Demokrat (6,1%), NasDem (5,6%), PKS (5,3%), PAN (5,0%), PSI (3,1%), dan PPP (1,3%). Sisa partai peserta pemilu lainnya masih di bawah 1 persen, dan yang belum memutuskan sebanyak 4,3%.

Berdasarkan hasil survei dari IndoPol Surveys, diketahui bahwa Bambang DH memiliki elektabilitas tertinggi pada Pemilu 2024 di Dapil Jatim I dengan suara sebanyak 15,3 persen, diikuti oleh Puti Guntur Soekarno dari PDIP dengan elektabilitas 12,5 persen.

Caleg dari Partai Golkar, Bambang Budi Suwarso AK, MBT.CA, mendapatkan dukungan sebesar 11,6 persen. Calon Legislatif Bambang Budi Suwarso AK, MBT.CA dari Fraksi Goklar Meraih elektabilitas lebih tinggi dibandingkan Caleg lainnya, hal ini terjadi karena adanya beberapa faktor salah satunya masyarakat mulai sadar akan kebutuhan untuk diwakili wakil rakyat di DPR RI yang sehat dan bisa kerja.

Selain itu ditengarai masifnya pertumbuhan pengguna internet sehingga membuat banyak pemilih mencari rekam jejak para caleg di internet melalui google untuk menentukan wakilnya nanti di DPR RI baik atau tidak.

Hasil survei ini memperkuat argumen bahwa Jatim I (Surabaya dan Sidoarjo) menjadi ‘Dapil neraka’, karena pada pemilu kali ini terdapat caleg pendatang baru yang tidak bisa diremehkan kemampuannya.

Bambang Budi merupakan pendatang baru yang memiliki hasil kerja nyata jauh sebelum ia mencalonkan diri, ia juga sudah ikut berpartisipasi di banyak projek nasional dan Organisasi yang terhubung langsung dengan pemerintah yaitu KADIN (Kamar Dagang Indonesia).

Dalam survei Caleg DPR RI di Dapil Jatim I, yang mencakup Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, dilakukan oleh IndoPol Surveys pada 1-8 Januari 2024. Riset ini melibatkan 2.001 responden dengan metode pengambilan sampel multistage random sampling, dengan Margin of Error (MoE) sebesar 2,19%.

No More Posts Available.

No more pages to load.