KKN Mahasiswa Muhammadiyah Surabaya di Tuban, Berikan Penyuluhan Petani Tentang Pengolahan Pupuk Organik dan Teknik Hidroponik

by -964 Views
Mahasiswa Muhammadiyah Surabaya saat memberikan penyuluhan kepada petani di balai desa sumberagung Tuban.

SURABAYA, Wartagres.Com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya tahun 2023, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan memberikan pengetahuan praktis kepada petani tentang pengolahan pupuk organik dan penerapan teknik hidroponik, yang dilaksanakan pada Minggu, (13/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Sumberagung Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban.

Program Pengabdian Masyarakat KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya tahun 2023, di Desa Sumberagung Plumpang, Tuban, menjadi tempat kolaborasi yang produktif antara Kelompok 19 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kolaborasi ini menghasilkan penyuluhan bertema “Inovasi Pertanian Berkelanjutan melalui Pengolahan Pupuk Organik dan Teknik Hidroponik”.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari 6 Gabungan Kelompok Tani dan seluruh Kepala Dusun Se Desa Sumberagung.

Aspuri, koordinator BPP Kecamatan Plumpang membagikan panduan praktis mengenai cara membuat pupuk organik dengan bahan bahan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan petani.

“Tujuan dari materi ini adalah untuk mengajak petani beralih ke praktik pertanian yang lebih

berkelanjutan, yang tidak hanya menghasilkan hasil panen yang baik, tetapi juga menjaga keseimbangan alam,” katanya.

“Kami sangat berterima kasih atas upaya yang diberikan oleh mahasiswa KKN dalam mendukung program penyuluhan ini,” lanjut dia.

Sementara dari Dinas Pertanian Tuban, Agis Sumartini, A.Md, petugas penyuluh pertanian menyampaikan, tentang teknik hidroponik yang diperagakan oleh mahasiswa praktik pengaturan lingkungan hidroponik, pemberian nutrisi, dan perawatan tanaman secara umum.

“Teknik hidroponik dipilih karena potensinya dalam meningkatkan efisiensi penggunaan air, ruang, dan nutrisi, sehingga sangat sesuai untuk wilayah dengan keterbatasan lahan,” jelas Agis Sumartini.

“Kami berharap ilmu dan keterampilan yang telah diberikan kepada petani akan terus berdampak positif dalam usaha pertanian mereka,” harapnya.

Sedangkan Sholahuddin dari Fakultas Teknik menyampaikan, sebagai perwakilan dari mahasiswa lain juga menyampaikan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan KKN di Balai Desa Sumberagung Plumpang, Kabupaten Tuban.

“Kami berharap pengetahuan yang telah kami bagikan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pertanian mereka,” tutup dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.